Ikan Gabus – Taksonomi, Morfologi, Kandungan Dan Manfaat


Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan air tawar yang paling disenangi di pasaran selaku ikan konsumsi. Sebaran ikan ini meliputi perairan Asia Tenggara, tergolong Indonesia.





Di Indonesia, ikan dengan nama ilmiah Channa striata ini memiliki banyak nama sesuai dengan daerahnya masing-masing. Di Jawa, sebagian besar masyarakat menyebutnya selaku ikan kutuk. Sementara di Betawi, ikan ini disebut sebagai kocolan. Berbeda dengan Banjarnegara yang menyebut ikan ini dengan nama aruan atau haruan.






Taksonomi





Berikut ini klasifikasi ilmiah ikan gabus, ialah:





KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasActinopterygii
OrdoPerciformes
FamiliaChannidae
GenusChanna
SpesiesChanna striata




Morfologi





Kita mampu mengetahui suatu spesies melalui ciri morfologi yang dimilikinya. Berikut ini adalah bentuk morfologi pada ikan gabus, yakni:





manfaat ikan gabus





  • Kepala





Ikan gabus memiliki bentuk kepala cukup besar tapi cenderung lebih pipih daripada jenis ikan lele. Kepalanya juga sedikit bersisik seperti ular. Bahkan, sisik di bab kepala ini ukurannya jauh lebih besar dibandingkan dengan di bab lainnya. Inilah yang mengakibatkan gabus atau kutuk disebut juga selaku snake head.






  • Tubuh





Tubuh ikan ini berwarna cokelat kehitaman. Namun, bagian bawah perutnya berwarna cokelat pucat keputihan. Selain itu, bagian segi yang berada tepat di atas kepala hingga ekornya memiliki warna lebih gelap, ialah hitam kecokelatan dan kehijauan. Sementara bagian samping tubuhnya terdapat motif garis absurd yang cukup tebal.






  • Mulut





Ciri morfologi ikan gabus berikutnya adalah bagian lisan. Ikan ini memiliki ekspresi besar dilengkapi gigi-gigi tajam. Sirip yang ada di bab punggungnya juga berukuran panjang dan cukup tajam.





Kandungan dan Manfaat





Ikan gabus ialah salah satu jenis ikan dengan kandungan gizi terbaik dari sekian banyak jenis ikan air tawar. Kandungan yang terdapat dalam badan ikan ini sangat berfaedah untuk mempertahankan kesehatan badan.





ikan gabus




Berikut ini yakni ulasan lengkap tentang banyak sekali kandungan dan faedah ikan gabus bagi kesehatan, yakni:





1. Pembentukan dan Pertumbuhan Massa Otot





Siapa sangka jika ikan gabus yakni jenis ikan dengan kandungan protein sungguh tinggi bila ketimbang ikan jenis lain, mirip ikan nila, ikan mas, atau ikan lele. Dalam setiap 100 gram berat daging gabus mengandung 25,2 gram protein.





Kandungan tersebut mampu kita bandingkan dengan kandungan protein yang berasal beberapa daging binatang yang lain. Misalnya setiap 100 gram daging ayam cuma mengandung sekitar 18,2 gram protein dan telur ayam cuma mengandung 12,8 gram protein. Sementara daging sapi hanya mengandung sekitar 18,8 gram protein.





Oleh sebab itulah, para hebat gizi menyatakan bahwa kandungan protein dalam ikan gabus ternyata bisa membantu untuk membentuk sekaligus mempercepat pertumbuhan massa otot.





2. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka





Siapapun yang mengalami luka pada bagian badan pasti akan merasa terusik sebab rasa perih, gatal, atau panas. Nah, penyembuhan luka ini ternyata bisa dipercepat tanpa mesti mengonsumsi beraneka jenis obat-obatan kimia.





Salah satu cara yang mampu dijalankan untuk mempercepat penyembuhan luka secara alami adalah dengan mengonsumsi daging gabus secara rutin. Alasannya yaitu alasannya adalah ikan gabus mempunyai kadar albumin cukup tinggi yang bermanfaat dalam membantu proses penyembuhan luka pada tubuh.





3. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh





Seperti yang diterangkan sebelumnya, daging ikan gabus mengandung zat albumin. Selain menolong mempercepat proses penyembuhan luka, zat albumin ini juga sungguh ampuh untuk mempertahankan keseimbangan cairan dalam badan.





Jika tubuh kelemahan cairan yang diperlukan untuk menyanggupi keperluan nutrisi, maka protein yang masuk ke dalam badan tidak akan dicerna dengan baik. Kekurangan cairan justru akan membuat protein pecah dan tidak mampu berfungsi sebagaimana mestinya. 





4. Memperbaiki Kadar Gizi Buruk





Indonesia ialah salah satu negara dengan tingkat gizi buruk cukup tinggi. Mirisnya, penderita gizi buruk ini sebagian besar dialami oleh belum dewasa dan balita. Tentu saja, hal seperti ini pantas untuk jadi perhatian kita bersama.





Membahas soal gizi, ikan gabus adalah salah satu kuliner yang mampu memperlihatkan gizi cukup bagi tubuh. Dengan mengonsumsinya secara berkala , maka secara tidak langsung nutrisi dalam tubuh pun akan meningkat secara signifikan.





Menurut penelitian, ada sekitar 100 gram kebutuhan gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh, khususnya belum dewasa dalam setiap ekor ikan kutuk / gabus.





5. Menyehatkan Sistem Pencernaan





Ikan gabus yaitu salah satu jenis ikan dengan daging empuk. Tekstur semacam ini pasti sangat baik jikalau dimakan dan tidak akan mengusik tata cara pencernaan badan. Selain itu, ikan ini juga mengandung protein kolagen yang mampu membantu menjaga kesehatan pencernaan.


0 Response to "Ikan Gabus – Taksonomi, Morfologi, Kandungan Dan Manfaat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel