Buah Plum – Taksonomi, Karakteristik, Asal, Sebaran, Jenis Pohon & Faedah


Buah plum dalam ungkapan bahasa Indonesia disebut dengan buah prem. Namun perumpamaan bahasa Inggrisnya “plum” lebih terkenal dan sering digunakan.





Tanaman plum yakni tanaman dari sub gebus Prunus, yakni masih satu keluarga dengan buah ceri dan peach. Meski konsumsi buah plum di Indonesia sebanyak di negara lain, akan tetap buah ini sesungguhnya mempunyai banyak faedah yang sangat bagus bagi kesehatan.






Taksonomi Plum





Berikut adalah klasifikasi ilmiah tanaman plum secara lebih rinci, yakni:





KerajaanPlantae
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
OrdoRosales
FamiliRosaceae
SubfamiliMaloideae or Spiraeoideae
GenusPrunus
SubgenusPrunus




Karakteristik Tanaman Plum





Tumbuhan berbuah yang terbagi menjadi 3 jenis subgenus meliputi Prunus (Dunia Lama), Prunocerasus (Dunia Baru) dan Amerniaca (Aprikot) ini memiliki ciri-ciri selaku berikut:





tanaman plum




1. Batang





Pohon plum yang banyak dibudidayakan ketika ini memiliki ukuran medium. Biasanya berkembang sekitar 5 hingga 6 meter. Batang pohonnya mempunyai tingkat kekerasan sedang.





Jika tidak dipangkas dan dibiarkan berkembang liar, pertumbuhan pohon plum dapat mencapai setinggi 12 meter dan lebarnya meraih 10 meter.





2. Buah Plum





Buah plum tergolong buah berskala sedang, diameternya sekitar 2 cm sampai 7 cm. Bentuk buahnya lingkaran, tetapi ada beberapa variasu yang berbentuk oval. Rasa dagingnya agak asam dan mengandung banyak air. Kulit buahnya lembut serta terdapat lapisan lilin alami pada permukaan yang melekat pada daging buah.





Plum mempunyai biji yang mampu digunakan untuk perbanyakan flora. Jika ingin menanam pohon plum di pekarangan rumah, kita bisa menebar biji buah tersebut.





3. Bunga





Pohon plum memiliki bunga yang mau mekar di awal ekspresi dominan semi. Ketika sedang berbunga, pohonnya akan tertutupi oleh bunga. Sekitar 50% dari bunga yang tumbuh akan mengalami penyerbukan dan lalu menjadi buah plum.





4. Pertumbuhan





Pohon plum kebanyakan tidak bisa tumbuh di kawasan yang terlalu kering. Pada iklim yang sangat kering, pohon plum tidak akan berkembang. Pohon mampu saja berbuah, namun buahnya akan jatuh ketika masih muda.





Sedangkan jikalau ditanam di iklim yang terlalu lembap juga tidak baik bagi pertumbuhan pohon plum. Sebab buah plum memiliki peluang besar membusuk secara cepat.





Pohon plum akan berbuah pada bulan yang berlainan-beda, tergantung daerah menanamnya. Misalnya di Taiwan, pohon plum akan berbuah di bulan januari, sementara di Inggris pada bulan April awal.





5. Rasa Buah Plum





Rasa buahnya cukup cantik dan agak asam. Buah plum sangat enak dikonsumsi saat masih segar. Banyak juga yang menjadikannya selaku minuman alasannya buahnya banyak mengandung air.





Asal & Sebaran





Buah plum disangka menjadi buah pertama yang dibudidayakan oleh insan. Sebab tiga kultivar utama buah plum tidak bisa didapatkan di alam liar, melainkan cuma didapatkan di tempat yang telah dikontrol oleh pembudidaya.





tumbuhan plum




Jenis Prunus domestica dipercaya berasal dari Eropa Timur dan pegunungan Kaukasia. Sementara jenis Prunus salicina dan Prunus simonii berasal dari Asia.





Penemuan fosil buah plum berasal dari abad Neolitikum. Masa dan daerah arkeologisnya sama dengan inovasi buah zaitun, anggur, dan buah ara. Para peneliti sepakat kalau flora plum diperkirakan berasal dari Iran.





Penamaan Buah Plum





Nama “plum” berasal dari suatu kata dalam bahasa Inggris kuno, yakni plume. Kata plume kemungkinan berasal dari bahasa Jerman yang dipakai pada era lalu dan juga dari bahasa Latin “prünum” dari masa Yunani Kuno.





Pada simpulan era ke-18, kata “plum” digunakan untuk menggambarkan “sesuatu yang menggiurkan”, mengarah pada buah-buah kecil selaku makanan epilog.





Jenis Buah Plum





Buah plum sudah dibudidayakan dan berkembang menjadi banyak sekali macam kultivar. Berikut ini yakni berbagai macam kultivar plum yang cukup populer, antara lain:





1. Plum Damson





Kultivar buah plum ini memiliki kulit berwarna ungu atau hitam. Daging buahnya berwarna hijau dan rasanya asam. Nama latinnya yaitu Prunus insititia, sementara penyebutan kunonya yaitu damascene. Plum Damson dapat dikonsumsi secara pribadi. Buahnya berukuran kecil dan biasanya diolah untuk masakan, seperti selai.





Di Asia Tengah dan Asia Tenggara, buah plum jenis Damson umumdisebut sebagai jamblang. Sementara di Jamaika, buah ini disebut bitter damson (damsoh pahit) atau mountain damson (damson pegunungan).





Pohon plum Damson karakteristiknya cukup besar lengan berkuasa. Bahkan pohon ini juga dijadikan tumbuhan pelindung dari angin di kawasan Shropshire dan Kent, Inggris.





Di tempat lain, pohon plum Damson digunakan sebagai naungan bagi tanaman lain yang kurang kuat. Contoh perkebunan dngan pohon plum Damson berada di Lyth Valley di Westmorland dan Teme Valley di Malverns, Inggris.





Buah plum Damson diperkenalkan kepada koloni Amerika oleh orang Inggris. Oleh orang Amerika, jenis plum ini dianggap sebagai jenis plum yang paling enak dibandingkan jenis plum Eropa yang lain. Plum Damson kemudian ditanam oleh petani Amerika, sampai kini bisa didapatkan tumbuh liar di Idaho.





2. Plum Greengage





Plum jenis Greegage mempunyai tekstur daging yang agak keras. Warna kulit dan dagingnya hijau, bahkan dikala telah matang. Greengage dikenal sebagai salah satu buah plum Eropa. Namun sesungguhnya buah ini berasal dari Iran, adalah berjulukan goje sabz. Greengage cocok ditanam di daerah beriklim sedang.





Rasa plum Greengage manis bagaikan kembang gula. Buah plum jenis ini dianggap yang paling baik di antara kultivar plum dari gurun yang lain. Bentuk buahnya bulat atau oval dengan tekstur daging buah yang lembut. Ukuran buahnya sekitar 2 cm hingga 4 cm.





Diperkirakan, buah plum Greengage pertama kali diantarke Inggris pada tahun 1724 oleh Sir William Gage dari Prancis. Dari sinilah Greengage didapatkan. Tak lama setelah itu, plum Greengage juga dibudidayakan di Amerika, bahkan juga ditanam di perkebunan pada periode presiden George Washington dan Thomas Jefferson.





3. Plum Mirabelle





Warna plum Mirabelle ialah kuning gelap. Plum jenis ini umumnya berkembang di Prancis bab timur laut. Dalam bahasa InggriS, plum Mirabelle lebih sering disebut selaku cherry plum. Buahnya berskala kecil dan bentuknya oval dengan daging buah bertekstur lembut. Mirabelle dikenal dengan rasanya yang bagus





Plum Mirabelle kerap kali dipakai untuk materi pembuatan pie. Sari buahnya digunakan untuk wine atau brandy. Sebanyak 70% hasil panen buah Mirabelle dimasak menjadi selai dan 20% dipakai untuk bahan minuman beralkohol, sementara sisanya disantap dalam bentuk buah segar.





Buah plum Mirabelle akan berbuah di bulan Juli sampai pertengahan September di Northern Hemisphere. Cara memanen buahnya cukup unik, adalah dengan menggoyang pohonnya hingga buah berjatuhan.





4. Satsuma Plum





Ciri buah plum jenis Satsuma ialah mempunyai daging buah berwarna merah serta kulit buah berwarna merah.





5. Plum Victoria





Buah plum Victoria memiliki daging buah berwarna kuning dengan kulit buah berwarna merah atau berbintik-bintik.





6. Yellowgage





Jenis buah plum ini juga disebut golden plum atau plum emas. Kulit dan daging buahnya berwarna kuning cerah.





Manfaat Buah Plum





Buah plum mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, terutama jenis plum yang berwarna ungu. Selain itu, plum juga mengandung banyak vitamin dan zat-zat yang sangat menyehatkan bagi tubuh, isalnya vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, B9, B12, K, serat, kalium, magnesium, mangan, fosfor, zat besi, dan seng.





buah plum




Karena kandungan tersebut, tak heran jika buah plum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:





1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh





Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah plum mampu menghalangi kerusakan sel-sel tubuh akhir radikal bebas. Oleh alasannya itu, mengonsumsi plum secara berkala dapat mengembangkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terjangkit penyakit.





2. Menjaga Kesehatan Mata





Kandungan vitamin A dalam plum sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Buah plum mengandung vitamin A yang lumayan banyak, yakni sekitar 5%.





3. Menurunkan Berat Badan





Plum mengandung asam lemak tak bosan dan juga tergolong buah yang rendah kalori. Buah plum kaya akan serat, sehingga mengonsumsi buah ini sangat bagus bagi seseorang yang menjalani acara diet.





4. Mencegah Sembelit





Kandungan serat alami di dalam buah ini sangat tinggi, sehingga dapat melancarkan proses pencernaan. Gangguan pencernaan mirip sembelit pun mampu dicegah dengan mengonsumsi buah plum secara berkala .





Mencegah Osteoporosis





Buah plum mengandung boron yang mampu memperpanjang daya tahan vitamin D dan estrogen dalam tubuh, sehingga dapat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.


0 Response to "Buah Plum – Taksonomi, Karakteristik, Asal, Sebaran, Jenis Pohon & Faedah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel