(Tahura) Taman Hutan Rakyat, Karanganyar


Taman Hutan Rakyat atau yang umum disingkat TAHURA yaitu kawasan pelestarian alam yang bermaksud untuk koleksi tujuan dan atau satwa alami serta bukan alami, orisinil maupun bukan orisinil guna kepentingan umum selaku tujuan observasi, pengetahuan dan pendidikan.





Selain itu, TAHURA juga dijadikan selaku akomodasi yang menunjang budidaya, budaya, pariwisata dan rekreasi.





Sebagai bab dari jenis daerah konservasi di Indonesia sesuai Undang-Undang No. 5 Tahun 1990, beberapa patokan suatu daerah ditetapkan menjadi Taman Hutan Rakyat ialah:





  • Kawasan yang ditetapkan memiliki ciri khas tersendiri, baik alami maupun produksi. Baik dalam daerah yang ekosistemnya utuk maupun sudah berganti.
  • Mempunyai panorama alam yang indah atau gejala alam yang unik, mirip contohnya sumber air geothermal.
  • Luas tempat memungkinkan untuk pembangunan koleksi flora dan atau satwa asli maupun bukan orisinil.





TAHURA Karanganyar





TAHURA Karanganyar merupakan salah satu rekreasi alam yang ada di Karanganyar. Kawasan TAHURA ini menjadi pintu masuk untuk menikmati beragam rekreasi alam di daerah Solo yang indah dan menakjubkan.





TAHURA K.G.P.A.A. Mangkunagoro berlokasi di ketinggian 1200 m dpl di kaki Gunung Lawu, Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Bagi yang pernah ke Candi Sukuh, lokasinya sekitar 800 meter dari sana.





Taman ini diatur oleh BPTP TAHURA (Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya) dan difungsikan selaku daerah wisata dan juga observasi. Di dalam lokasi wisata TAHURA juga tersedia vila untuk lazim sehingga turis mampu bermalam dan puas mengelilingi wisata-rekreasi yang ada di sana.





Tiket Masuk TAHURA





Untuk menuju ke TAHURA K.G.P.A.A. Mangkunagoro, perjalanan bisa dilaksanakan dari Kota Solo ke arah Tawangmangu selama 1.5 jamdengan jarak 36 km. Pastikan kendaraan yang dikendarai dalam keadaan prima sebab lokasinya berada di lereng Gunung Lawu dan sebagian besar jalan berbentuktanjakan.





Tiket masuk ke wisata TAHURA sangat terjangkau, sekitar 2500 rupiah untuk bawah umur, 3000 rupiah untuk akil balig cukup akal, dan 20 ribu rupiah untuk orang ajaib atau luar negeri. Selain itu juga ada biaya asuransi sebesar seribu rupiah per orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya cuma 2 ribu rupiah untuk motor, 5 ribu rupiah untuk mobil dan 10 ribu rupiah untuk bus atau truk.





Dapat dibilang kita cuma perlu mengeluarkan sedikit duit untuk menikmati indahnya pemandangan di TAHURA dan rekreasi alam yang ada di sekitarnya.  





Wisata Alam di TAHURA (Taman Hutan Rakyat)





Seperti yang telah disebutkan, Taman Hutan Rakyat (TAHURA) Karanganyar ini merupakan jalan masuk menuju lebih banyak wisata alam di sekitarnya. Dari TAHURA, masih ada sekitar 11 area rekreasi yang bisa dikunjungi dengan lokasi yang cukup berdekatan.





tahura mangkunagoro




Di bawah ini beberapa wisata yang ada di area Taman Hutan Rakyat (TAHURA) Karanganyar, adalah:





a. Kantor TAHURA (100 m)





Fasilitas yang ada di kawasan rekreasi ini cukup lengkap dengan adanya kemudahan atau penginapan berupa guest house, aula konferensi, musholla untuk ibadah, toilet yang bersih dan nyaman, area parkir luas, dan juga area perkemahan.





Kantor TAHURA menerima para tamu dengan ramah dan menyediakan aneka macam macam fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Untuk wisatawan yang ingin bermalam di villa juga bisa menelepon staff di kantor TAHURA. Dengan harga sekitar 600 ribu per malam, pelancong bisa menginap dan mendapat fasilitas 4 kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi dan juga dapur.





b. Bumi Perkemahan I (400 m) dan II (200 m)





Sesaat sesudah sampai di Taman Hutan Rakyat (TAHURA) dan menuju ke daerah parkir, akan tampakhamparan luas camping ground. Area ini lazimdipenuhi oleh bawah umur yang sedang menyelenggarakan perkemahan. Selain itu, acara bermain bola atau bersepeda juga boleh dijalankan di bumi perkemahan TAHURA.





Untuk pengunjung yang ingin berkemah tetapi belum ada antisipasi, pengelola wisata TAHURA menawarkan penyewaan perlengkapan kemah. Mereka menyediakan tenda, matras, sleeping bag hingga kompor untuk memasak.





c. Taman Bermain (200 m)





Bagi pelancong yang datang ke kawasan TAHURA (Taman Hutan Rakyat) bareng dengan rombongan keluarga, pihak TAHURA juga menyediakan fasilitas taman bermain untuk belum dewasa yang aman ketimbang rekreasi alam lainnya. Di taman bermain ini terdapat banyak wahana seperti flying fox, ayunan, gazebo dan yang lain sehingga bawah umur bisa bermain dan belajar.





d. Kandang Rusa (300 m)





Selain menyediakan daerah wisata alam, Taman Hutan Rakyat (TAHURA) juga mempunyai koleksi satwa yang dilindungi. Jenis satwa yang ada di kawasan ini adalah Rusa Timor dengan nama latin Cervus Timorensis yang berada di area kandang rusa bersama 34 jenis fauna langka yang lain. Area ini juga sangat sesuai untuk edukasi terhadap anak-anak tentang fauna langka yang harus dilindungi.





e. Air Terjun Parang Ijo (500 m)





Tidak jauh dari pintu masuk Taman Hutan Rakyat (TAHURA) atau hanya berjarak 500 meter, terdapat Air Terjun Parang Ijo yang begitu eksotis. Menurut dongeng dari salah satu staff TAHURA, riam ini sempat diatur oleh masyarakat melalui Koperasi Warga. Namun, sebab ada kecenderungan kekuasaan pihak tertentu secara langsung sehingga Air Terjun Parang Ijo diambil alih oleh TAHURA dan Perhutani.





Lokasi Air Terjun Parang Ijo ini masih asri dan sangat cocok bagi traveler yang ingin trekking sekaligus camping di sekeliling area Air Terjun. Untuk hadirin yang ingin mencicipi kesejukan Air Terjun Parang Ijo juga dapat mandi di sana, namun perlu hati-hati dan tetap berhati-hati.





f. Sendang Radja (1 km)





Obyek rekreasi yang berjarak sekitar 1 km dari pintu utama TAHURA (Taman Hutan Rakyat) ini merupakan sebuah sumber mata air atau patirtan peninggalan zaman dahulu. Sumber mata air Sendang Radja mengeluarkan air yang sungguh jernih. Meski ukurannya tidak terlampau luas, namun banyak orang yang ingin tau ingin tahu tentang kawasan bersejarah ini.





g. Situs Cemoro Bulus (1.5 km)





Situs Cemoro Bulus ialah situs kuno peninggalan purbakala mirip seperti Candi Sukuh dengan Arca Kura-kura. Dalam mitologi Hindu, arca kura-kura ialah lambang Bhur Loka atau alam bawah yang mengarah pada dasar Gunung Mahameru. Banyak juga yang mengatakan bahwa Situs Cemoro Bulus ini merupakan pintu atau portal mistik untuk menuju ke puncak Gunung Lawu.





h. Puncak Gunung Lawu (10 km)





Selama ini para pendaki melakukan perjalanan hiking ke puncak Gunung Lawu lewat Candi Sukuh atau Candi Cetho. Namun, untuk menuju ke puncak Gunung Lawu ternyata juga mampu dijalankan dari Taman Hutan Rakyat (TAHURA) dan berjarak sekitar 10 km. Perjalanan mampu ditempuh kurang lebih 4 sampai 5 jam melalui jalur pendakian TAHURA.





Jalur trekkingnya lumayan terjal, karena sewaktu pertama kali dibuka memang didedikasikan untuk lomba lintas alam. Namun, berikutnya dibuat jalur lain yang lebih landai atau sedikit memutar supaya tidak memberatkan pendaki awam yang ingin ke puncak Gunung Lawu. Jalanan atau trekking menuju ke puncak Gunung Lawu berbentukjalan setapak yang tersusun dari bebatuan.





Itulah bermacam-macam destinasi rekreasi yang ada di tempat TAHURA (Taman Hutan Rakyat) Karanganyar, Solo. Selain obyek rekreasi yang sudah diterangkan di atas, masih ada daerah lain mirip Goa Angin, Grojogan Sewu dan Goa Jepang yang juga masuk dalam tempat TAHURA.


0 Response to "(Tahura) Taman Hutan Rakyat, Karanganyar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel