Bunga Mawar – Taksonomi, Fakta Unik & Aneka Faedah


Siapa yang tidak memedulikan bunga mawar? Bunga ini yaitu bunga paling terkenal di dunia. Flora anggun ini terdiri lebih dari 100 spesies yang tersebar di seluruh dunia, khususnya di tempat sejuk.





Bunga mawar termasuk jenis tanaman semak dari genus Rosa. Pada lazimnya , semua spesies mawar memiliki duri.





Kebanyakan orang mengasosiasikan mawar sebagai simbol cinta dan kasih sayang, khususnya mawar yang berwarna merah. Selain merah, bunga mawar memiliki berbagai macam warna lain, bentuk, dan ukuran, dimana masing-masing mempunyai makna yang berlawanan.





Ada pula mawar yang hanya tumbuh tegak, tetapi ada juga yang tumbuh secara merambat. Oleh alasannya adalah itu, opsi jenis mawar untuk dirawat mampu diadaptasi dengan cita-cita orang yang menanamnya.






Taksonomi Mawar





Berikut ini yaitu pembagian terstruktur mengenai ilmiah tanaman anggun namun mempunyai duri pada bab batangnya, yakni:





bunga mawar




KerajaanPlantae
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
OrdoRosales
FamiliRosaceae
SubfamiliRosoideae
GenusRosa L.




Fakta Unik Bunga Mawar





Sebagai bunga yang paling terkenal di seluruh dunia, bunga mawar masih menyimpan fakta unik yang mungkin belum dikenali oleh semua orang. Beberapa keunikan mawar diantaranya yakni:





tanaman mawar




1. Salah Satu Bunga Tertua di Dunia





Mawar yakni salah satu bunga tertua di dunia. Penggambarannya sudah ada di aneka macam karya sastra ataupun karya musik semenjak berabad-masa yang lalu.





Sebenarnya hal ini tidak terlalu asing, alasannya adalah ditemukan fosil bunga mawar yang umurnya diperkirakan berasal dari 35 juta tahun yang kemudian. Namun yang paling mengagetkan, pernah ditemukan mawar yang masih hidup berumur 1.000 tahun. Bunga ini tumbuh di tembok Katedral Hildesheim di Jerman.





2. Mawar Bisa Dimakan





Menanam mawar di pekarangan rumah sebagai tanaman hias itu telah biasa, membuatnya selaku bunga potong dan ditaruh di dalam vas yang manis juga telah hal lumrah. Lalu, bagaimana kalau mawar disantap? Bagi sebagian orang, fakta ini sangat mengejutkan.





Kelopak mawar ternyata dapat dimakan. Selain itu, air mawar yang diperoleh dengan cara merendam kelopak mawar di dalam air juga sering ditambahkan untuk pembuatan jeli dan selai. Beberapa kuliner India dan China juga menggunakan bunga mawar selaku salah satu bahan masakan.





3. Buah Mawar





Selain diketahui selaku flora berbunga, ternyata beberapa macam mawar juga menciptakan buah, bentuk buahnya mirip buah beri. Warnanya beragam, mulai dari oranye, merah, ungu tua, hingga hitam.





Buah dari tumbuhan mawar ini mengandung vitamin C yang tinggi. Beberapa orang menggunakan buah mawar untuk adonan cocktail, dikeringkan kemudian dijadikan teh.





4. Makna Aneka Warna Mawar





Hampir setiap orang tahu jikalau mawar merah melambangkan cinta dan kasih sayang. Namun bunga mawar memiliki banyak warna lain yang masing-masing juga mempunyai arti tersendiri.





bunga mawar putih




Berikut ini ialah arti dari aneka warna mawar di dunia, antara lain:





  • Merah muda, melambangkan berkelas dan keanggunan. Warna ini sangat cocok diberikan pada wanita yang mempunyai segi kelembutan dan sensitivitas tinggi. Selain itu, bunga mawar berwarna merah muda juga mengandung filosofi kekaguman, rasa suka cita dan bersyukur.
  • Kuning, melambangkan pertemanan dan keceriaan serta kegembiraan.
  • Putih, melambangkan kesucian, spiritualitas, dan kepolosan. Selain itu, mawar putih juga mempunyai makna lain, ialah rasa simpati. Oleh karena itulah mawar putih sering terlihat dibawa di acara pemakaman di beberapa negara.
  • Oranye, melambangkan rasa bersemangat . Mawar ini sangat sesuai diberikan pada seseorang yang gres lulus kuliah atau sesudah menerima pekerjaan.
  • Ungu, melambangkan kemegahan, keanggunan, dan keagungan. Warna ungu juga sering dipakai pada kerajaan-kerajaan di Barat.
  • Biru, melambangkan perasaan yang merepotkan diungkapkan. Akan tetapi, mawar berwarna biru sangat sukar didapatkan, lazimnya florist akan menambahkan cairan tertentu pada mawar putih untuk menerima hasil bunga mawar berwarna biru.
  • Hijau, melambangkan kemakmuran, kesuburan, dan keselarasan. Mawar hijau juga dapat diartikan sebagai perdamaian dan ketenangan.
  • Krem, memberi kesan cantik. Memberikan mawar berwarna cream artinya kita peduli pada orang yang dihadiahkan, namun tanpa ada maksud romantis di baliknya.
  • Peach, melambangkan kemurnian, kepolosan, kesopanan, dan kesungguhan.




5. Aroma Wewangian





Sudah bukan belakang layar kalau ekstrak mawar sering dijadikan materi dalam pengerjaan wewangian. Wangi bunga mawar yang harum menjadi favorit banyak orang, khususnya kaum hawa. Minyak mawar sudah menjadi bagian penting dalam industri parfum selama berabad-periode.





Namun mawar yang diharapkan untuk pengerjaan minyak mawar ini sangat banyak. Satu gram minyak memerlukan sekitar 2.000 bunga mawar. Oleh alasannya itu, tidak aneh jikalau wewangian berbahan baku mawar harganya sangat tinggi.





6. Mawar Termahal





Beberapa jenis mawar memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari jenis bunga yang lain. Misalnya kombinasi bunga mawar yang dibudidayakan oleh seorang pembudidaya mawar ternama berjulukan David Austin.





mawar kuning




Ia sudah menghabiskan waktu selama 15 tahun dan menghabiskan dana sebesar $5 juta untuk berbagi jenis mawar ini. David menamakannya selaku Juliet. Di tahun 2006, bunga mawar Juliet terjual dengan harga $15,8 juta. Menjadikan mawar Juliet sebagai kombinasi mawar yang paling mahal di dunia.





7. Tidak Ada Mawar Hitam





Dari semua warna, tidak ada jenis mawar yang menghasilkan bunga berwarna hitam. Meskipun ada kombinasi bunga mawar hitam seperti The Black Rose of Turkey yang warnanya tampak hitam akan tetapi sebenarnya warna ini cenderung berwarna kemerahan yang sungguh tua.





8. Kalung Zaman Romawi





Sejak jaman dulu, bunga mawar dianggap sebagai bunga yang cantik. Di periode kejayaan Romawi, mawar sering dipakai sebagai dekorasi kamar. Terkadang bunga ini juga dirangkai dan digunakan selaku kalung.





9. Taman Bunga Mawar Pribadi Terbesar





Taman bunga pribadi yang dipenuhi tanaman mawar terdapat di Cavriglia, Italia. Taman ini ditumbhi sekitar 7.500 kombinasi bunga mawar yang berlawanan-beda.





Manfaat Bunga Mawar





Mawar yaitu salah satu bunga yang paling renta di dunia. Oleh karena itu, bunga mawar juga menjadi salah satu bunga yang banyak dimanfaatkan insan untuk berbagai hal. Beberapa penggunaanya antara lain:





buah mawar




1. Tanaman Hias





Sebagian besar bunga mawar yang digunakan untuk tanaman hias yakni hasil hybrid yang dibiakkan untuk diambil bunganya. Beberapa spesies dikembangkan alasannya adalah aromanya yang bacin, mirip Rosa glauca dan Rosa rubiginosa.





Kemudian ada juga yang dikembangkan alasannya bentuknya yang indah, mirip Rosa sericea, serta ada yang untuk dimanfaatkan buahnya, mirip Rosa moyesii.





Bunga mawar sebagai tanaman hias telah dibudidayakan selama berabad-periode. Menurut sejarah, manfaat sebagai tanaman hias paling awal dilaksanakan sejak tahun 500 SM di beberapa negara Mediterania, Persia, dan China. Diperkirakan ada sekitar 30 hingga 35.000 hybrid dan kultivar mawar yang digunakan sebagai tanaman hias.





2. Bunga Potong





Bunga mawar yakni salah satu bunga yang populer untuk bunga potong. Kebanyakan bunganya diiris ketika masih berupa tunas, lalu disimpan di mesin pendingin sampai siap diperjualbelikan.





Di negara-negara beriklim sedang, bunga mawar biasanya dibudidayakan di dalam rumah kaca. Sementara di negara yang hangat, mawar dikembangkan dengan cara tertutup supaya tidak terusik oleh cuaca ataupun hama. Beberapa negara tropis juga membudidayakan bunga ini dan bahkan mengekspor ke beberapa negara di dunia.





3. Parfum





Minyak bau dari bunga mawar yang dibuat dari ekstrasi mawar. Ada pula air mawar yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah makanan, produk kecantikan, obat-obatan, dan untuk upacara keagamaan. Teknik produksinya berasal dari Persia, kemudian disebarkan ke Arab dan India.





Di Bulgaria, Iran, dan Jerman, para produsen menggunakan mawar damask atau Rosa x damascena Trigintipetala. Sementara di negara-negara lain, bunga mawar yang biasanya dipakai adalah Rosa x centifolia.





Minyak mawar tidak mempunyai warna alias bening atau transparan. Namun ada juga yang berwarna kekuningan yang sungguh pucat, atau kuning keabuan. Dibutuhkan sekitar 2.000 bunga mawar untuk bisa menghasilkan 1 gram minyak.





4. Makanan dan Minuman





Bunga mawar menghasilkan buah yang dalam bahasa Inggris biasa disebut rose hip, rose haw, atau rose hep. Buah ini tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi pada tanaman. Namun, rose hip mampu diolah menjadi kuliner dan minuman, misalnya dibuat menjadi selai, jeli, marmalade, dan sup.





Untuk olahan minuman, rose hip dapat dijadikan teh. Biji mawar kaya akan kandungan vitamin C. Selain itu, ada juga yang memeras dan menyaring rose hip untuk dijadikan sirup. Kemudian juga dapat diambil minyaknya untuk lalu diolah menjadi produk perawatan kulit dan make up.





Air mawar mempunyai rasa yang sungguh khas. Air ini banyak dimanfaatkan di Timur Tengah, Persia, dan Asia Selatan untuk sajian kuliner, khususnya untuk kuliner cantik mirip baklava, nougat, barfi, halva, gulab jamun, kanafeh, gumdrops, dan Turkish delight. Sementara di Prancis, penggunaan bunga mawar untuk masakan dimanfaatkan selaku sirup.





Bunga mawar umumnya dipakai untuk menambah rasa atau aroma pada masakan. Ada pula yang mengolah kelopak mawar menjadi permen.





5. Obat-Obatan





Buah tanaman mawar yang berjulukan rose hip kaya akan vitamin C. Buah ini dapat dipakai sebagai pemanis kuliner. Secara herbal, banyak jenis bunga mawar yang diolah menjadi obat-obatan tradisional. Jenis Rosa chinesis sudah lama dipakai sebagai obat herbal tradisional China.





6. Kesenian





Dengan sejarahnya yang sungguh panjang, maka masuk akal jika mawar muncul di banyak karya seni. Sering kali bunga mawar digunakan selaku simbol dalam lukisan. Pada abad Yunani Kuno, mawar sering digunakan untuk menggambarkam dewi Aphrodite, ialah dewi kecantikan dan keindahan.





Dalam Iliad, sebuah puisi dari kala Yunani Kuno, digambarkan Aphrodite melindungi badan Hector dengan memakai minyak mawar yang infinit. Penulis dan penjelajah asal Yunani, Pausanias menggambarkan bahwa bunga mawar berwarna merah alasannya adalah Aphrodite terluka alasannya adalah duri mawar yang tajam. Maka dari itu bunganya berwarna merah.





Dalam novel Roma dalam berbahasa Latin berjudul The Golden Ass karya Apuleius juga terdapat bunga mawar. Dewi Isis menyuruh karakter khususnya, Lucius yang telah bertransformasi menjadi keledai untuk mengkonsumsi kelopak mawar yang ada di mahkota seorang pendeta. Hal ini ialah salah satu prosesi keagamaan agar Lucius dapat memperbesar sisi kemanusiaannya.





Kemudian di masa Kristenisasi Kekaisaran Romawi, bunga mawar dikaitkan dengan Bunda Maria. Warna mawar dan jumlah yang diterima memiliki arti simbolis. Hal ini lalu mengarah kepada pembuatan rosario.





Bunga mawar menjadi subyek yang sangat difavoritkan dalam seni. Sering kali mawar timbul di lukisan, ilustrasi, puisi bunga, ataupun ornamen, dan komponen-elemen arsitektur. Pelukis yang populer dengan lukisan mawarnya adalah Pierre-Joseph Redoute dari Belgia dan Henri Fantin-Latour.


0 Response to "Bunga Mawar – Taksonomi, Fakta Unik & Aneka Faedah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel